Tips Memilih Pelapis Jok yang Nyaman dan Ramah Lingkungan

Tips Memilih Pelapis Jok yang Nyaman dan Ramah Lingkungan

Seiring perjalanan waktu gaya modifikasi interior mobil juga terus berkembang. Satu di antara cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar adalah penggunaan pelapis jok yang tepat. Jok yang tak mudah menyerap panas dan cepat melepas hawa panas akan meringankan kerja peranti pendigin ruangan (AC). Pengguna mobil tak perlu menyetel AC hingga tingkat terdingin sehingga, penggunaan bahan bakar juga lebih hemat.

Hanya, bagaimana cara mendapatkan pelapis jok seperti itu? Seperti apa padu padan warna dan bahan pelapis jok tersebut sehingga selain bergaya juga nyaman dan aman digunakan?

Berikut beberapa tips yang perlu Anda cermati:

1. Pilih tukang pembuat jok yang terpercaya
Sebelum mewujudkan keinginan memasang pelapis jok idaman, konsumen disarankan memilih pembuat jok yang jujur, tepercaya, bonafid, dan memiliki standar kualitas pekerjaan yang baik.

Mintalah rekomendasi dari distributor pelapis jok ihwal tukang yang memiliki kualifikasi seperti itu. Selain menghindari oknum nakal, dengan memilih tukang jok seperti itu, tujuan untuk mendapatkan pelapis jok yang sesuai keinginan akan tercapai.

Setelah itu mintalah perhitungan yang cermat mulai dari bahan yang digunakan, kelebihan dan kekurangannya.

2. Jangan mudah tergiur harga murah
Sering kali toko dan pembuat jok mengiming-imingi bahan pelapis jok dengan harga murah, bahkan dengan merek yang sama sekali pun. Karena harga pelapis biasanya sudah standar. Bila lebih murah ada dua kemungkinan palsu atau dicampur antara kualitas pertama dengan kualitas kedua, bahkan ketiga.

Untuk memastikan keaslian bahan tersebut, sebaiknya Anda memeriksa color swatch atau color sample satu product. Lihatlah bagian dasar atau belakang apakah terdapat logo sesuai merek yang diinginkan. Bila perlu mintalah jaminan keaslian kualitas dari toko atau tukang jok tersebut.

3. Pilih bahan yang berlapis pelindung ultra violet
Sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan pelapis jok yang ramah lingkungan, pastikan bahan yang Anda pilih memiliki lapisan pelindung ultra violet.

Pelindung tersebut tidak hanya menjadikan pelapis jok awet baik warna maupun kekuatannya (tidak getah atau mudah robek), tetapi juga tidak membuat kabin mobil panas. Lapisan itu akan menolak terpaan terik sinar matahari saat mobil di parkir di tempat terbuka, dan cepat melepas hawa panas di kabin.

Kini, bahan pelapis yang memiliki standar kualitas seperti itu banyak ditawarkan di pasaran. Bahkan, ada merek tertentu yang mampu melepas hawa panas kurang dari lima menit. Cara untuk menguji ini bahan cukup mudah, mintalah potongan bahan kepada penjual. Kemudian jemurlah 20 – 30 menit. Setelah itu bawa ke ruangan berpendingin udara. Bila dalam waktu kurang dari 5 menit bahan terasa dingin kembali berarti bahan itu bagus.

4. Pilih bahan tahan air
Pilih bahan yang memiliki daya tahan terhadap guncangan dan tarikan. Artinya, bahan tersebut bersifat elastis namun tidak melar ketika diduduki atau bahkan tertarik di saat mobil berguncang. Bahkan bila usia sarung jok sudah cukup lama, bahan yang memiliki sifat itu tidak akan retak atau sobek.

Cara untuk melakukan pengujian sifat ini cukup gampang, yaitu dengan meremas-remasnya. Bahan yang baik akan terasa lentur, tidak kaku, serta cepat kembali ke bentuk semula. Artinya tidak kusut atau membekas. Pastikan juga bahwa bahan kedap air atau zat cair lainnya. Untuk mengujinya cukup mudah, mintalah potongan bahan lantas tuangi air secukupnya, dan diamkan selama 2-5 menit. Bila air tidak merembes atau bagian bawah permukaan tidak terlihat bayangan air, berarti bahan itu bagus. Bahan yang kedap air itu sangat penting, tidak saja bagi jok mobil tetapi juga kesehatan dan kenyamanan di dalam mobil.

5. Padu-padan warna dan ramah lingkungan
Meski bahan yang baik telah dilengkapi pelapis pemantul sinar ultra violet, namun bila Anda ingin memadu-padankan warna pelapis agar tampilan lebih bergaya, gunakan warna yang cerah. Pasalnya warna yang cerah tidak saja memberikan kesan segar, namun lebih mudah memantulkan terik panas yang menerpa.

Agar tampil lebih sporty dan segar, gunakan bahan pelapis yang memiliki motif kulit atau motif big dot. Namun, untuk motif tersebut sebaiknya mintalah saran pada tukang jok atau ahli dari distributor pelapis jok untuk disesuaikan dengan jenis mobil Anda, apakah citycar, sedan, MPV, atau SUV.

Have your say